Sabtu, 17 April 2010

[Hama] Kumbang Bubuk


(Ordo: Coleoptera, Famili: Curculionidae)

Kerusakan biji oleh kumbangn bubuk dapat mencapai 85% dengan penyusutan bobot biji 17%. Sitophilus zeamais Motsch dikenal dengan maize weevil atau kumbang bubuk, merupakan serangga yang bersifat polifag.

Selain menyerang jagung, juga beras, gandum, kacang tanah, kacang kapri, kacang kedelai, kelapa dan jambu mente. S. Zeamais lebih dominan terdapat pada jagung dan beras. S. Zeamais merusak biji jagung dalam penyimpanan dan juga dapat menyerang tongkol jagung yang masih  berada di pertanaman. 

Telur diletakkan  satu per satu pada lubang gerekan didalam biji, Keperidian imago sekitar 300-400 butir telur;  stadia telur  kurang lebih enam hari pada suhu 250C. Larva menggerek biji dan hidup di dalam biji, umur kurang lebih 20 hari pada suhu 250C dan kelembaban nisbi 70%. Pupa terbentuk di dalam biji dengan  stadia pupa berkisar 5-8 hari. 

Imago yang terbentuk berada di dalam biji  selama beberapa hari sebelum membuat lubang keluar. Imago dapat bertahan hidup cukup lama yaitu dengan makan sekitar 3-5 bulan jika tersedia makanan dan sekitar 36 hari jika tanpa makan.

Siklus hidup sekitar 30-45 hari pada kondisi suhu optimum 290C, kadar air biji 14% dan kelembaban nisbi 70%.  Perkembangan populasi sangat cepat bila bahan simpanan kadar airnya di atas 15%.

Pengendalian

a) Pengelolaan  Tanaman
Serangan selama tanaman di lapangan dapat terjadi jika  tongkol terbuka.  Tanaman yang kekeringan, dengan pemberian pupuk yang rendah menyebabkan tanaman mudah terserang busuk tongkol sehingga dapat diinfeksi oleh kumbang bubuk. Panen yang tepat pada saat jagung mencapai masak fisiologis untuk mencegah sitophilus zeamais, karena panen yang tertunda dapat menyebabkan meningkatnya kerusakan biji di penyimpanan.

b) Varietas Resisten/TahanPenggunaan varietas dengan  kandungan asam fenolat tinggi dan kandungan asam aminonya rendah dapat menekan kumbang bubuk, dan penggunaan varietas yang mempunyai penutupan kelobot yang baik.

c) Kebersihan dan pengelolaan gudangKebanyakan hama gudang cenderung bersembunyi atau melakukan hibernasi sesudah gudang tersebut kosong. Untuk itu dibersihkan semua struktur gudang dan membakar semua biji yang terkontaminasi serta membuang dari area gudang. Selain itu karung-karung bekas yang masih berisi sisa biji harus dibuang. Semua struktur gudang harus diperbaiki, termasuk dinding yang retak-retak dimana serangga dapat bersembunyi, dan memberi perlakuan insektisida baik pada dinding maupun plafon gudang.

d) Persiapan biji jagung yang disimpan   Kadar air biji ≤ 12% dapat menghambat perkembangan kumbang bubuk. Perkembangan populasi kumbang bubuk akan meningkat pada kadar air 15% atau lebih.

e) Fisik Dan Mekanis   Pada  suhu lebih rendah dari  50C dan  di atas 350C perkembangan serangga akan berhenti. Penjemuran dapat meng-hambat perkembangan    kumbang bubuk.  Sortasi dapat dilakukan dengan memisahkan  biji rusak  yang terinfeksi oleh serangga dengan biji sehat (utuh).

f) Bahan Tanaman   Bahan nabati yang dapat digunakan yaitu daun Annona sp., Hyptis spricigera, Lantana camara, daun Ageratum conyzoides, Chromolaena odorata, akar dari Khaya senegelensis, Acorus calamus, bunga dari Pyrethrum sp., Capsicum sp., dan tepung biji dari Annona sp. dan  Melia sp.

g) Hayati   Penggunaan agensi patogen dapat mengendalikan kumbang bubuk seperti Beauveria bassiana  pada konsentrasi 109   konidia/ml takaran 20 ml/kg biji dapat mencapai mortalitas 50%.  Penggunaan parasitoid Anisopteromalus calandrae (Howard) mampu menekan  kumbang bubuk.

h) Fumigasi   Fumigan merupakan senyawa kimia yang dalam suhu dan tekanan tertentu berbentuk gas, dapat membunuh serangga/hama melalui sistem pernapasan.  Fumigasi  dapat dilakukan pada tumpukan komoditas kemudian ditutup rapat dengan lembaran plastik.  Fumigasi  dapat pula dilakukan pada penyimpanan yang kedap udara seperti penyimpanan dalam silo, dengan menggunakan kaleng yang dibuat kedap udara atau pengemasan dengan menggunakan jerigen plastik, botol yang diisi sampai penuh kemudian mulut botol atau jerigen dilapisi dengan parafin untuk penyimpanan skala kecil.  Jenis fumigan yang paling banyak digunakan adalah phospine (PH3), dan Methyl Bromida (CH3Br).

Tengah

per kiriman, diberikan pembebasan bea masuk dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor. Ketentuan Pembebasan Bea Masuk dan Tidak Dipungut Pajak Dalam Rangka Impor Barang kiriman dengan nilai pabean paling banyak FOB USD 50,00 (lima puluh US Dollar) untuk setiap orang per kiriman, diberikan pembebasan bea masuk dan tidak