Minggu, 15 April 2012

Program PHSL - Padi Sawah


Program PHSL-Padi Sawah merupakan perangkat pembuat keputusan berbasis komputer bagi rekomendasi pemupukan padi bagi bidang sawah tertentu. Program itu mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dapat dijawab dengan cepat oleh petani atau teknisi. Setelah itu, rekomendasi pemupukan ditampilkan.
PHSL-Padi Sawah didasarkan atas prinsip-prinsip PHSL (Pemupukan Hara Spesifik Lokasi) yang diterangkan dalam publikasi berikut:

Fairhurst T, Witt C, Buresh R, Dobermann A (editors). 2007. Rice: a practical guide to nutrient management. Second edition. Los BaƱos (Philippines): International Rice Research Institute and Singapore: International Plant Nutrition Institute and International Potash Institute. Click here to download as pdf file.
Prinsip-prinsip dari PHSL muncul dari hampir 15 tahun penelitian yang melibatkan kemitraan dari International Rice Research Institute (IRRI) dengan organisasi-organisasi di seluruh Asia. Di Indonesia, kerja sama jangka panjang dari IRRI dengan organisasi-organisasi lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Badan Litbang Pertanian) memberikan kontribusi terhadap perumusan prinsip-prinsip PHSL dan konsolidasi pengetahuan, yang memungkinkan membuat pengembangan Nutrient Manajer for Rice.

Lembaga-lembaga yang ikut memberikan sumbangan pada pengembangan PHSL-Padi Sawah:

  • BB Padi (Balai Besar Penelitian Tanaman Padi)
  • Puslitbangtan (Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman pangan)
  • BBSDLP (Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian)
  • BBP2TP (Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian)

Pemupukan Hara Spesifik Lokasi-Padi Sawah terwujud dengan dukungan dari:

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Zulkilfi Zaini
Plant Nutrient Scientist
Country Representative for Indonesia
Jl. Merdeka 147, Bogor 16111, Indonesia
Tel: +62 25 1833 4391
Fax: +62 25 1833 4354
Email: z.zaini@irri.org

Roland J. Buresh
International Rice Research Institute
DAPO Box 7777
Metro Manila, Philippines
Email: r.buresh@cgiar.org

© International Rice Research Institute 2012

Tengah

per kiriman, diberikan pembebasan bea masuk dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor. Ketentuan Pembebasan Bea Masuk dan Tidak Dipungut Pajak Dalam Rangka Impor Barang kiriman dengan nilai pabean paling banyak FOB USD 50,00 (lima puluh US Dollar) untuk setiap orang per kiriman, diberikan pembebasan bea masuk dan tidak