Selasa, 03 April 2012

Tomcat sang predator

Serangga Tomcat yang sementara ini narsis, menjadi buah bibir alias hot news dikalangan masyarakat. Serangga ini menyukai cahaya, sebenarnya (menurut realita) kalo dilihat dari ciri serangannya serangga ini pernah singgah kerumah saya (semarang) sekitar November s/d Desember 2011 dan yang terserang istri ma mertua saya. By the way, saat itu belum terkenal karena serangannya baru 1 keluarga..hehe..istri mpe bilang kutu lampu jahat.

Siapa si Tomcat ??
Menurut sumber yang saya peroleh hasil surfing sana-sini, tomcat atau semut semai atau semut kayap atau charlie ini memiliki nama latin : 
- Paederus litorais
- Paederus fuscipes Curtis
- Paederus dermatitis
Ukuran berkisar antara 1 hingga 35 mm (1,5 inci), dengan sebagian besar di kisaran 2-8 mm, dan bentuk umumnya memanjang, dengan beberapa serangga tomcat yang berbentuk bulat seperti telur. Badannya berwarna kuning gelap di bagian atas, bawah abdomen (perut) dan kepala berwarna gelap. Pada antena kumbang biasanya 11 tersegmentasi dan filiform, dengan clubbing moderat dalam beberapa generasi kumbang. Biasanya, kumbang ini terlihat merangkak di kawasan sekeliling dengan menyembunyikan sayapnya dan dalam pandangan sekilas ia lebih menyerupai semut. Apabila merasa terganggu atau terancam, maka kumbang ini akan menaikkan bagian abdomen agar ia terlihat seperti kalajengking untuk menakut-nakuti musuhnya.

Australian wildlife
Di australia biasa disebut sebagai Kumbang Rove (Rove Beatle) atau Kumbang Pengembara. Kumbang ini bertubuh panjang dan tipis. Sebagian besar spesies memiliki elytra sangat kecil (sayap penutup) yang hanya mencakup sebagian kecil dari perut. Segmen perut fleksibel. Banyak spesies hidup di tanah dan jarang terlihat. Mereka biasanya hitam atau coklat, meskipun diilustrasikan spesies lebih berwarna biru-hitam elytra dan band cokelat kemerahan di dada dan perut.
Penampakannya :

Serangan tomcat
Gambar dibawah ini adalah salah satu penampakan serangan Tomcat
Tomcat atau semut semai atau semut kayap atau charlie ini tidak menggigit atau menyengat, Tom Cat ini mempunyai cairan yang mengandung toksin/racun Piderin untuk melindungi diri yang menimbulkan iritasi serius pada kulit, sehingga kulit terlihat seperti terbakar dan berlangusng sekitar satu minggu bahkan lebih. Bila kita dihinggapi Tom Cat, tidak usah panik dan usahakan jangan ditepuk tetapi usirlah dengan cara meniup atau menghalaunya. Bila ternyata Tom Cat sudah terlanjur ditepuk, segeralah dicuci dengan air sabun agar dampak dari cairan yang mengandung racun tersebut dapat diminimalisir.
Racun pederin tidak menular atau menyebar ke bagian lain (bersifat iritasi kulit lokal) dan tidak akan sampai mematikan seperti diberitakan di media TV bahwa racunnya 12 kali racun ular.  Namun, apabila tidak ditangani dengan baik, misal karena gatal lalu digaruk dengan tangan kotor, sehingga timbul serangan sekunder berupa bakteri atau jamur atau mungkin virus, maka hal inilah yang mengakibatkan dampaknya akan meluas.
Tomcat dan pertanian
Monggo silahkan dipikir baik-baik, tapi sebelumnya saya minta maaf bukan maksud untuk mencela atau melecehkan pihak yang tersinggung.
Dalam penjelasannya Dr. Haryono yang didampingi para peneliti bidang Entomologi Badan Litbang Pertanian mengatakan, sebenarnya kumbang kecil ini temasuk predator yang memangsa serangga hama, sehingga dalam konteks pertanian menguntungkan bagi petani karena turut menjaga dan menekan populasi hama.  Serangga ini menyukai cahaya, oleh karena itu ketika malam hari dia akan pindah ke rumah yang terang dan masuk.
Ledakan populasi biasanya terjadi diakhir musim hujan dan akan menurun ketika musim kemarau. Dari sifat khas yang menyukai cahaya dan memangsa serangga hama, setidaknya sedikit banyak kita bisa memahami bahwa saat ini kita telah banyak memusnahkan makanan mereka. Kita sudah memutus rantai makanan mereka dengan maen semprot seenaknya. Sehingga mereka mencari mangsa dimanapun dan apapun. Terkait keukaannya dengan cahaya, beberapa serangga hama makanannya juga menyukai cahaya.

nah..sekarang monggo terserah anda...apakah akan lanjut memutus rantai makanan si Tomcat tersebut ??
untuk sementara info sekian dulu..sekedar tambahan info juga tambahan refleksi bagi kita bahwa memutus rantai makanan akan berakibat fatal.

Tengah

per kiriman, diberikan pembebasan bea masuk dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor. Ketentuan Pembebasan Bea Masuk dan Tidak Dipungut Pajak Dalam Rangka Impor Barang kiriman dengan nilai pabean paling banyak FOB USD 50,00 (lima puluh US Dollar) untuk setiap orang per kiriman, diberikan pembebasan bea masuk dan tidak